Bahan dan Cara Membuat Sabun Transparan – Sabun transparan adalah salah satu jenis sabun unik yang digunakan untuk wajah dan badan.

Sabun kecantikan jenis ini memiliki kelebihan dalam hal penampilannya yang transparan atau tembus cahaya sehingga menarik mata pelanggan. Bahan dasar pembuatan sabun transparan adalah minyak atau lemak.

Bahan-bahan untuk Membuat Sabun Transparan

Bahan sabun transparan dapat diformulasikan dengan zat aktif herbal seperti sereh, nilam, minyak kelapa murni (vco), madu, lengkuas, green tea, lidah buaya, papaya atau pepaya, rumput laut dan bahan alami lainnya.

Bahan baku

sabun transparan dibuat dari minyak kelapa

Telah diuraikan sebelumnya bahwa bahan baku yang digunakan untuk membuat sabun transparan adalah minyak dan garam alkali. Jenis minyak untuk membuat sabun transparan yang paling sering dijumpai adalah minyak kelapa. Saat ini minyak kelapa sering diekstrak dari butir kelapa sehingga didapatkan VCO atau virgin coconut oil.

Minyak atau lemak yang digunakan untuk membuat sabun transparan memiliki rantai karbon yang tidak terlalu panjang, secara umum dibawah 18.

Pembuatan sabun transparan dari VCO tidak berbeda jauh dengan menggunakan minyak kelapa biasa. Berikut adalah tahapan cara membuat sabun transparan dan beberapa tips sederhana pembuatan sabun transparan.

Bahan tambahan

Anda dapat menambahkan senyawa lain untuk memperkaya atau mempercantik sabun anda dengan dengan penambahan pewarna, agen aktif ( pelembab, kondisioner, emolien, pemutih, anti septik, chelating agent), dan parfum. Untuk meningkatkan karakter sabun transparan, anda dapat menambahkan bahan pembantu, seperti:

  • asam stearat
  • etanol/alkohol
  • gliserin
  • gula pasir
  • pewarna
  • pewangi
  • pengawet

Alkohol

Kandungan alkohol dalam formula sabun transparan membuat sabun tersebut lebih efektif untuk menghilangkan jerawat.

Namun bagi sebagian orang terutama yang memiliki kulit sensitif dan hipersensitif, sabun transparan dapat berbahaya bagi mereka karena alkohol dapat bersifat iritan atau menyebabkan iritasi kulit.

Sebagai alternatif, orang yang kulitnya sensitif masih dapat menggunakan sabun transparan yaitu jenis sabun transparan tanpa alkohol atau sabun transparan non alkohol yang kemungkinan harganya tidak murah.

Minyak nilam

Salah satu resep sabun transparan yang sedang popular adalah formulasi sabun transparan minyak nilam sebagai obat jerawat. Minyak nilam mengandung senyawa aktif patchouli yang dipercaya dapat mengurangi terbentuknya jerawat pada kulit. Namun tidak semua orang menyukai aroma minyak nilam yang menyengat. Untuk itu padu padan formula sabun transparan sebagai aroma terapi terus dikembangkan oleh produsen sabun transparan.

Menemukan Formula Sabun

Gunakan mesin telusur Google

Jika anda mau sedikit berusaha, anda dapat memanfaatkan mesin pencari seperti google untuk mendapatkan ebook sabun transparan yang di dalamnya berisi resep dan formula sabun transparan.

Setelah anda mendapatkan ebook tersebut, segera praktekan isinya. Usahakan resep dan formula yang digunakan sama persis sehingga anda dapat melakukan duplikasi sabun transparan.

Trial and Error

Setelah berhasil membuat duplikatnya, anda dapat bereksperimen dengan menambahkan zat lain sehingga anda dapat menjualnya sebagai souvenir sabun transparan unik dan eksklusif. Tentunya kreatifitas dan keberanian mencoba sangat diperlukan pada tahap ini. Berikut adalah salah satu artikel yang membahas cara membuat sabun transparan yang dikutip dari irma teknik kimia.

Dengan mengetahui cara membuat sabun dasar, maka anda bisa membuat varian sabun versi anda sendiri. Misalnya saja sabun batang, sabun aromaterapi, sabun herbal, sabun lidah buaya, dan sabun souvenir.

Resep Sabun

Bagi anda yang ingin kreatif dan ingin membuat sendiri salah satu varian sabun mandi khususnya sabun mandi transparan, berikut kami sajikan resep dan formula pembuatan sabun transparan yang telah berhasil diujicobakan.

Semua formula sabun dibawah ini diformulasikan menggunakan formula sabun dasar yaitu sabun transparan chipsoap. Berikut adalah formula sabun transparan yang diambilkan dari situs ini.

Formula sabun transparan dengan proses panas

Resep dan formula sabun transparan yang menghasilkan produk sabun transparan dengan kualitas tinggi banyak dicari oleh para produsen kecantikan jenis sabun.

Untuk mendapatkan formulasi sabun transparan yang baik memang tidak mudah. Diperlukan riset, ujicoba, dan trial error berkali kali hingga mendapatkan resep sabun mandi transparan yang mujarab.

Namun hasil kerja keras tersebut tidak akan sia-sia, karena harga produk berkualitas akan diterima oleh masyarakat.

Formula sabun transparan dengan Alkohol

Komposisi

minyak kelapa                             100 gr
minyak zaitun                              100 gr
minyak kastor                              100 gr
steric acid                                   100 gr
aquadez                                      133 gr
caustic soda                                  63 gr
bht                                               0.5 gr
sirup                                            300 gr
gliserin                                          30 gr
garam                                              2 gr
borax                                              2 gr
EDTA                                          0,5 gr
T.E.A                                            50 gr
alkohol  (96%)                              100 gr

Metode panas non alkohol chipsoap

Bahan bahan :

minyak kelapa                               200 gr
minyak sawit                                100 gr
stearic acid                                     100 gr
aquades                                          133 gr
caustic soda                                     65 gr
bht                                                  0.5 gr
sirup                                               350 gr
propilyn glikol                                50 gr
gliserin                                           30 gr
garam                                             2 gr
borax                                              2 gr
TEA                                              50
EDTA                                           0,5 gr

Formula sabun transparan proses dingin

All Coconut soap

minyak kelapa       200 gr
kaustik soda    34 gr
aquades         66 gr
garam

All sawit soap :

minyak sawit                200 gr
kaustik soda                   30 gr
aquades                          60 gr

Mixed SAWIT – COCONUT SOAP

Minyak kelapa                      100 gr
minyak sawit                       100 gr
soda kaustik                          32 gr
aquadez                                 66 gr

Mendapatkan info bahan dan cara membuat sabun mandi transparan memang tidak sulit, tapi yang lebih sulit adalah pencapaian tingkat keberhasilan dalam sabun yang maksimal.

Anda perlu memahami reaksi yang terjadi antara bahan yang anda tambahkan terhadap produk yang dihasilkan.

Kami telah merangkum bagaimana cara membuat sabun transparan.

Cara Membuat Sabun Transparan

cara membuat sabun transparan

Sabun transparan dapat dibuat dengan menggunakan alat yang sederhana. Bahkan, dalam skala rumah tangga, peralatan rumah tangga seperti panci pun dapat digunakan untuk membuat sabun transparan.

Prinsip dasar untuk membuat sabun transparan adalah membuat garam dari trigliserida (minyak). Disini, kita perlu mereaksikan minyak dengan garam alkali (contohnya: sodium hiroksida atau NaOH).

Anda perlu memperhatikan proses reaksi saponifikasi (penyabunan) secara detil dan seksama.

Perhatikan suhu reaksi, lama reaksi, dan bahan tambahan (pewangi, pengawet, pewarna) yang digunakan pada saat reaksi saponifikasi seperti yang diperlihatkan pada gambar berikut

reaksi kimia yang terjadi dalam pembuatan sabun transparan

Langkah 1

Tuang NaOH ke dalam air suling untuk membuat larutan Alkali

Langkah 2

Campur minyak kelapa sawit, minyak kelapa, dan minyak jarak kemudian panaskan diatas suhu 50 derajat C.

Langkah 3

Bila suhu larutan Alkali pada langkah pertama telah turun hingga 50 derajat C maka campurkan dengan campuran minyak yang telah didihkan.

Langkah 4

Bahan & Cara Membuat Sabun Mandi Transparan | Jasa Sedot WC Jakarta _ Jabodetabek

Lakukan pemanasan sabun hingga mencapai akhir proses saponifikasi – fase gel -> Ph pengujian (~ 2-3 jam). Cek ph sabun, jika telah sesuai, tambahkan campuran gliserin dan alkohol ke panci pembuatan sabun. Tuang secara perlahan-lahan dan pastikan pemanasan sabun ini jangan sampai terlalu panas agar alkohol tidak mudah menguap.

Langkah 5

Biarkan campuran sabun ini sekitar 30 menit hingga suhunya mencapai 30 derajat C. Jangan lupa untuk menutup wadah tersebut dalam keadaan kedap udara agar alkohol tidak akan menguap.

Langkah 6

Sambil menunggu campuran sabun di langkah 5, siapkan larutan gula Anda (saya sangat menyarankan untuk mempersiapkan dua kali lipat dari jumlah yang dibutuhkan – Anda akan membutuhkannya nanti untuk penyesuaian transparansi jika tidak bekerja pada percobaan pertama):
1. Timbang air suling dan tambahkan gula
2. Didihkan dan segera mematikan, air tidak harus menguap dan sisanya dari gula akan larut dalam air panas.

Langkah 7

Bahan & Cara Membuat Sabun Mandi Transparan | Jasa Sedot WC Jakarta _ Jabodetabek

Setelah 30 menit tambahkan larutan gula ke larutan sabun dan aduk rata.

Langkah 8

Bahan & Cara Membuat Sabun Mandi Transparan | Jasa Sedot WC Jakarta _ Jabodetabek

Test untuk transparansi sabun menggunakan gelas beku dari freezer dan balik gelas ini. Tuangkan sekitar satu sendok makan sabun di bagian bawah. Larutan sabun panas selalu transparan, sehingga cara untuk menilai sabun telah transparan atau belum dengan mendinginkan sabun transparan ini diatas gelas beku, sehingga proses pendinginan sabun akan cepat.

Langkah 9

Jika test transparan sabun ini tidak sesuai yang diharapkan di mana sabun blur / buram, tambahkan larutan gula. Catatan, ulangi maksimal dua kali, dan jangan menambahkan pelarut terlalu banyak, karena bisa menyebabkan berkeringat dan sebaliknya. Jika sabun masih buram, beralih dengan menambahkan alkohol atau gliserin.

Langkah 10

Ulangi langkah 8 dan 9 sampai sabun mencapai transparan yang sesuai

Langkah 11

Bahan & Cara Membuat Sabun Mandi Transparan | Jasa Sedot WC Jakarta _ Jabodetabek

Bila Anda telah puas dengan larutan sabun transparan yang dihasilkan, tambahkan pewarna dan aroma. Perhatian, warna dapat mempengaruhi transparansi sabun. Kabar baiknya adalah bahwa Anda dapat menggunakan pewarna makanan.

Langkah 12

Bahan & Cara Membuat Sabun Mandi Transparan | Jasa Sedot WC Jakarta _ Jabodetabek

Tuangkan sabun mandi transparan ke dalam cetakan. Ketika menuangkan, gelembung kecil akan muncul, hilangkan gelembung ini. Masukkan cetakan ke dalam lemari es.

Langkah 13

Setelah 1 hingga 2 jam, keluarkan cetakan dari lemari es dan simpan selama 4 minggu, setelah itu anda dapat menggunakannya sebagai sabun mandi.

Membuat sabun mandi transparan sedikit lebih sulit dari pada membuat sabun mandi biasa, bila salah sedikit sabun mandi yang dihasilkan tidak akan transparan malah akan blur jadi perhatikan baik – baik bahan dan cara membuat sabun mandi transparan ini.

Bentuk dan Warna Sabun

varian bentuk dan warna sabun

Bentuk dan warna sabun transparan padat saat ini beraneka ragam. Alasan utama yang mendasarinya adalah untuk meremajakan pasar sehingga tidak jenuh.

Anda dapat menemui sabun transparan dalam bentuk batang, bulat, oval. Warna sabun transparan pun beragam seperti hijau, orange, merah, dan warna sabun transparan metalik lainnya.

Harga Sabun Transparan

Tidak ada aturan baku mengenai berapa harga jual sabun transparan yang terbaik. Produsen sabun memiliki kewenangan dalam hal penentuan harga tersebut.

Tentunya dalam penentuan harga jualnya, produsen akan memperhitungkan daya beli konsumen, ongkos produksi, keuntungan yang ingin diambil dan faktor lainnya.

Bagi anda yang mencari harga sabun transparan dengan harga murah, ada baiknya anda memperhatikan kredibilitas perusahaan yang membuat sabun transparan tersebut dan jangan hanya terpaku pada kata murah. Kata terjangkau mungkin lebih representatif, meskipun harga yang ditawarkan lebih tinggi namun ada jaminan kualitas dalam produk tersebut.

Harga sabun transparan di pasaran sangat beragam. Jika anda mendapati penjual dengan harga retail, mungkin harga tersebut akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan anda mendapatkan penjual yang sekaligus distributor atau produsen.

PT Adev Natural Indonesia adalah perusahaan yang menjual sabun transparan dengan berbagai macam varian warna, ukuran atau dimensi, bentuk, arom dan bahan khusus yang ingin ditambahkan dalam formula sabun seperti ramuan herbal, madu atau pun susu.

Anda dapat menghubungi kontak perusahaan tersebut, untuk mendapatkan penaran khusus mengenai maklon sabun transparan ataupun maklon kosmetik secara umum.

Kesimpulan

Banyak artikel dan makalah yang menjelaskan pembuatan sabun padat transparan dari minyak kelapa murni atau VCO baik skala rumah tangga maupun skala laboratorium. Pada dasarnya membuat sabun transparan untuk gift dan kecantikan memerlukan sedikit pengetahuan tentang bahan sabun yang digunakan dan reaksi yang terjadi dalam pembuatan sabun transparan.

Demikianlah artikel singkat tentang apa itu sabun transparan, cara membuat sabun transparan, harga jual sabun transparan dan bahan yang digunakan dalam pembuatan sabun transparan

2 respons untuk ‘Bahan dan Cara Membuat Sabun Transparan

  1. Selamat sore Sdr Alfi,

    Terima kasih atas kesediaan dan keinginan bapak untuk menjadi agen produk kami. Akan kami kirimkan syarat dan ketentuan menjadi agen kami. Untuk fast response silakan hubungi BB atau line telepon yang tersedia di halaman kontak

    Terima kasih

    Suka

Jangan Spam Comment Guys

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.